Jumat, 25 Maret 2011

Say No To Drugs

Narkoba!  Bahaya akan zat terlarang satu ini memang mengkhawatirkan karena mengancam generasi muda harapan bangsa. Sekalipun bahaya nya telah santer digaungkan, tetap saja ada ada korban yang berjatuhan. Hal ini salah satunya dikarenakan oleh marak dan kian derasnya laju peredaran barang berbahaya satu ini.
Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, sayangnya masih ada pihak yang belum memiliki kesadaran akan bahaya dan pentingnya gaya hidup sehat tanpa narkoba. Maka perang terhadapnya, tak pernah surut dilakukan. Hal inilah yang menjadi salah satu motor diperingatinya Hari Anti Narkoba Sedunia.
Tiap tahunnya, seluruh dunia menyambut Hari Anti Narkoba Sedunia yang jatuh pada tiap tanggal 26 Juni. Berbagai kalangan pun ramai memperingatinya. Dengan tema kampanye yang berbeda terkait dengan perlawanan terhadap narkoba. Untuk tahun ini sendiri, tema kampanye yang diusung  adalah "Hidup Sehat Tanpa Narkoba".
Narkoba jelas berbahaya, karena ia  mengandung zat yang jika terlalu lama dikonsumsi akan menimbulkan ketergantungan serta kerusakan berbagai organ tubuh. Ditambah lagi jika pemakaiannya melebihi takaran, dapat menyebabkan over dosis (OD) dan berakhir dengan kematian.
Dengan bahaya seseram itu, jelas lebih baik kita melakukan aktivitas lain kan? Masih banyak kok aktivitas lain yang positif dan seru untuk dilakukan. Berbagai kegiatan seperti hobi atau olahraga, misalnya futsal di Kemang Foodsal atau Pakubuwono Futsal Centre bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang. Atau jika memiliki minat di bidang tertentu, bisa juga mengikuti berbagai workshop atau pelatihan dari berbagai lembaga yang memperkaya pengetahuan dan skill yang kita miliki. Misalnya gabung di komunitas seni di Komunitas Salihara atau pecinta lingkungan seperti WALHI
Dengan melindungi diri kita sendiri dari jangkauan narkoba, kita telah turut memerangi barang haram tersebut. Tapi tentu itu tak cukup. harus ada gerakan yang bersinergi untuk memberantasnya. Saat ini, tak hanya berasal dari individu maupun kelompok masyarakat, sudah banyak pula lembaga sosial pemerintah maupun non pemerintah yang juga turut memerangi ancaman narkoba.
Salah satu lembaga yang peduli adalah YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa). Lembaga ini merupakan lembaga sosial kemasyarakatan yang independen dan non-profit yang bergerak di bidang pencegahan (prevensi) penyalahgunaan narkoba. Anda juga bisa bergabung menjadi volunteer, lho. Di samping itu kita juga bisa memberikan donasi atau membeli berbagai merchandise untuk mendukung berbagai kegiatan atau kampanye  melawan narkoba.
Mari hidup sehat tanpa narkoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar